Jumat, 15 Agustus 2014

Akhirnya Selesai Juga (sebuah catatan mengenai OBM UI)

Akhirnya Selesai Juga, kegiatan OBM nya.. hehehe..

Tapi, apa sih OBM itu?

OBM itu adalah kegiatan untuk mahasiswa baru, dimana kegiatan ini bertujuan untuk memberikan materi tentang kegiatan belajar mengajar selama masa perkuliahan. KEgiatan ini dibagi kedalam beberapa materi, diantaranya LS, CL-PBL, IT-CML, dan IL

LS adalah singkatan dari Learning Skill, dimana dalam kegiatan ini mahasiswa baru diberikan materi mengenai apa saja sifat- sifat yang harus dimiliki mahasiswa dalam meraih prestasi selama masa perkuliahan. Menurut saya, kegiatan ini adalah kegiatan yang paling seru diantara kegiatan yang lain karena dalam kegiatan ini, fasilitator (pembimbing atau mentor dalam kelas) memberikan games pada kami kemudian kami diminta untuk menjelaskan apa makna yang terkandung dalam permainan tersebut. Permainannya beragam, mulai dari membuat perusahaan kapal, membuat janji dengan teman, hingga joget bebek.

CL-PBL adalah singkatan dari Centered Learning-Problem Based Learning. Bedanya dengan LS adalah, jika LS lebih menekankan materi mengenai sifat yang harus dimiliki seorang mahasiswa seperti tepat waktu, berpikir kritis, dll, CL-PBL lebih menekankan kepada sistem belajar mahasiswa selama masa perkuliahan nanti. CL merupakan sistem belajar dimana mahasiswa menjadi pusat pembelajaran, mahasiswa dituntut untuk bisa mencari materi yang harus dipelajari dan mendiskusikannya dalam kelompok. Sedangkan PBL, mahasiswa dituntut untuk bisa memecahkan masalah yang diberikan oleh dosen dengan menggunakan sumber dan literatur yang ada.

IT-CML merupakan materi yang menurut saya paling tidak materi(lho?) karena pada materi ini, mahasiswa dijelaskan apa saja website yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran mahasiswa, seperti academic.ui.ac.id dan lain-lain.

IL adalah singkatan dari Information Literation. Materi ini disampaikan agar mahasiswa mengetahui bagaimana cara mencari literatur untuk referensi kuliah dengan cara yang benar dan efektif.

Kegiatan OBM ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UI, baik yang kelompok reguler maupun paralel. Selain itu, kegiatan ini merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa baru agar bisa mengambil mata kuliah MPKT, dimana mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa.

Menurut saya, kegiatan ini merupakan kegiatan yang akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru, karena memang sistem belajar di SMA dengan sistem belajar di dunia perkuliahan sangat berbeda sehingga diperlukan suatu kegiatan pengenalan kepada mahasiswa baru seperti kegiatan OBM ini.

Ada yang mau menyusul untuk merasakan kegiatan ini?

Sekian, dan salam dari sang petualang :)

Kelas OBM 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar