Rabu, 20 Agustus 2014

Pemerintah Juga Berusaha lho... (catatan penuh cinta bagi rakyat Palestina)

Miris sekali, saat menunggu kegiatan Program Cinta Kampus (program bagi mahasiswa baru untuk membersihkan area kampus UI) dimulai, saya tidak sengaja mendengar percakapan seorang gadis berjilbab yang duduk disebelah saya dan dua orang temannya yang membahas tentang hal yang menurut saya cukup memprihatinkan.

"Iya, kasian Palestina, mana pemerintah nggak ngurusin lagi..."
"..habis itu, masih aja bikin kerjasama sama Israel, gak berani mutusin hubungan gitu..."
"...jadinya yang gerak buat palestina malah rakyat..."

Dalam hati sungguh nyesek rasanya mendengar saudari seiman berkata demikian. Sungguh seketika itu juga saya ingin menyanggah mereka karena saya yakin pemerintah sudah banyak melakukan aksi dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina.Dalam otak saya berpikir dan dalam hati saya merasa 'masa iya pemerintah sebegitu nggak pedulinya? Kasian sekali mereka karena tidak tau hal itu'

Sebenarnya, pemerintah sudah banyak melakukan aksi kemanusiaan bagi Palestina, mulai dari bidang politik, yaitu memperjuangkan kemerdekaan Palestina dalam forum internasional, bidang sosial yaitu mengirim tenaga sukarelawan dalam memperjuangkan tanah Palestina, hingga bidang ekonomi yaitu memberikan dana hibah kepada Palestina. Tapi, mengapa sebagian rakyat yang sangat mendukung kemerdekaan Palestina masih saja mencaci maki pemerintahan negerinya sendiri?

Padahal, kalau mereka mengamalkan hadis hubbul wathan minal iman  yang artinya; cinta tanah air sebagian dari iman, pasti mereka akan berpikir dua kali untuk mengutuki pemerintahan negerinya. Cinta tanah air bukan saja berkoar-koar "aku indonesia, aku anak indonesia", tapi cinta tanah air juga menunjukan rasa kepedulian terhadap negerinya dengan menjadi warga negara yang baik, memberi masukan kepada pemerintahan dengan cara yang baik, bukan hanya sekedar omongan yang bisa menyulut perselisihan antar saudara seiman.

Memang, manusia adalah tempat salah dan lupa, begitu juga para pimpinan yang memiliki tanggung jawab untuk mengurusi negeri kita tercinta ini. Jika memang kita sebagai rakyat merasa kinerja pemerintah belum optimal, maka berusahalah untuk memperbaiki dan bahkan meningkatkan kinerja pemerintahan itu sendiri. Dengan cara apa? Bisa dengan cara belajar yang rajin dan ikut aktif dalam organisasi sebagai bekal untuk menjadi pemimpin masa depan sehingga bisa ikut berkontribusi dalam kemajuan bangsa. Jangan lupa juga doakan negara ini agar menjadi negara yang dirahmati oleh Allah SWT.

Maka dari itu, untuk saudara-saudariku seiman, daripada mengutuki pemerintahan negeri ini, lebih baik jika kita berusaha untuk menjadi pemimpin bangsa yang jujur dan bijaksana. Ingat, pemerintah juga sudah berusaha kok, sekarang tinggal bagaimana usaha kita dalam menempatkan diri kita sebagai warga negara yang baik...

Save Palestine!

Salam, dari sang petualang jiwa!

link-link terkait:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar